Saturday, August 11, 2012

Dunia Maya (antara ada dan tiada)


Dunia maya. Di zaman keemasan alay dan labil ini dunia maya memang lagi berjaya, lebih banyak di pakai jasa konsultasinya di banding dunia gaib, lebih banyak di kunjungi dari dunia fantasi dan lebih informatif dari dunia dalam berita, bahkan bagi sebagian orang, dunia mayalah dunianya.

Apakah itu maya? Menurut teman dari teman adik tetangga ibunya saya yang jomblo, maya adalah nama wanita yang akan menjadi pacarnya di masa depan, menurut ibu dari teman ayah tiri om tetangga saya maya adalah sejenis sayuran (mungkin yang beliau maksud adalah daun pepaya), menurut seorang anak sd dari tetangga keponakan om tiri yang saya jumpai di jalan maya adalah sistem mengenai planet-planet dan matahari (mungkin maksud adik itu adalah tata surya), sedangkan menurut saya sendiri maya adalah nama dari seorang teman semasa SMP dan kuliah dulu.

Jadi apa arti dari maya yang sebenarnya? Menurut Tatang Sutarman dalam bukunya mengenai primbon jawa maya adalah tidak nyata atau semu, jadi dunia maya adalah dunia yang tidak nyata atau semu atau yang kita kenal sekarang sebagai dunia internet tempat facebook, twitter dan beberapa temannya berada.

Sebagian besar dari kita tentu sudah memiliki akun twitter ataupun facebook, kedua hal ini merupakan hal pokok yang harus dimiliki oleh setiap orang di zaman sekarang, saya tidak tau kenapa, apakah merupakan mata kuliah wajib atau sekedar mengikuti tren atau sekedar untuk main poker, bahkan ibu saya memiliki akun facebook yang sampai detik ini tidak pernah di gunakannya, anjing saya yang bernama Comet juga memiliki akun facebook yang di kelola dan statusnya di update oleh saya sendiri. Gila.

ini adalah foto anjing saya Comet

Kalo ketemu teman di jalan trus dia bertanya “nama facebook kamu apa?” itu diibaratkan polisi yang sedang razia KTP, jika kita menjawab tidak ada akun facebook kita akan di tangkap dan kemudian di hina. Tragis. Jika facebook adalah KTP kita maka kita patut berbahagia soalnya foto kita tidak akan tampak jelek ataupun kaku di bandingkan KTP yang sebenarnya,  karena kita bebas memposekan wajah kita agar terlihat tampan, cantik, imut, unyu ataupun alay dengan sudut pengambilan foto 45 derajat.

ini adalah contoh perbedaan foto kartu identitas dan facebook. (sumber: 9gag.com)


Di facebook itu jika anda perhatikan status “relationship” dan ada yang memasang statusnya dengan “married” atau sudah menikah bisa anda teliti bahwa 10%nya memang sudah menikah sungguhan dan 90%nya ABG labil yang masih pacaran -.-“, bisa jadi itu anda :p


Ada juga “it’s complicated”, status ini memiliki arti yang sangat berbeda dari sisi cowok dan cewek. “it’s complicated” untuk cewek berarti dia lagi suka sama cowok yang sebenarnya sudah dimiliki oleh cewek lain atau si cowok sukanya sama cewek lain. Sedangkan untuk cowok “it’s complicated” berarti si cowok lagi dekat dengan berapa orang cewek sekaligus dan bingung milih yang mana. :D

sumber AXEid

Dan yang terakhir adalah perbedaan “notifications” atau pemberitahuan di facebook setelah di tinggal yaaa kira kira seminggu, jika cewek yang gak buka Facebook selama sehari maka akan meninggalkan notifikasi yang banyak sedangkan cowok yaaaa kalo lagi beruntung 1 notifikasi. Nasib.

sumber AXEid

0 comments:

Post a Comment